ANALISIS SOAL UJIAN


Tulisan ini muncul karena adanya keprihatinan yang mendalam terhadap kisi-kisi soal yang dikeluarkan oleh para “pendekar” MGMP. Dalam kapasitas saya sebagai Waka. Kurikulum, maka setiap menjelang Ujian, saya selalu mendapat kiriman kisi-kisi soal dari MGMP berbagai mata pelajaran. Betapa sedihnya saya ketika melihat kisi-kisi tersebut selalu mencantumkan kolom bobot soal atau tingkat kesukaran soal. Ada tiga kriteria di dalamnya yaitu soaldinyatakan  “sulit; sedang; dan mudah”. Ketika saya konfirmasikan dengan si pembuat : untuk menentukan soal itu “sulit, sedang; dan mudah” apakah soal sudah diujicobakan? Jawabannya sungguh mengagetkan saya: soal tidak diujicobakan pada siswa, hanya berdasarkan asumsi Guru/si pembuat soal saja. Ini adalah sebuah kekeliruan. Padahal soal yang baik minimal harus memiliki 4 (empat)  standart uji  yaitu “validitas; reliabilitas; tingkat kesukaran; dan daya pembeda.

Begini penjabarannya:
Silakan download disini: UJI VALIDITAS, RELIABILITAS, DAYA PEMBEDA, DAN TINGKAT KESUKARAN.TES
Contoh konkritnya akan saya sampaikan pada postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat untuk kemajuan bersama.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, S. 2010. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

SILAKAN KIRIM KOMENTARNYA!!

Tinggalkan komentar

Filed under pendidikan

Berikan Balasan

