KURIKULUM KEUNGGULAN LOKAL DAN GLOBAL


Tulisan ini tergelitik dari “Pelatihan Penyusunan Kurikulum” yang saya ikuti Selasa, 11 Oktober 2011 di SMK 1 Kedungwuni – Pekalongan. Ketika pak Muzakim menanyakan tentang perbedaan kurikulum keunggulan lokal dan global dengan pendidikan life skill, menurut hemat saya penyaji kurang pas dalam memberikan jawaban.
Oleh karena itu, untuk menambah referensi pak Muzakim dan teman-teman yang lain silakan download tulisan berikut ini
keunggulan lokal

secara ringkasnya sebagai berikut.
1. Keunggulan lokal
Keunggulan lokal adalah segala sesuatu yang merupakan ciri khas kedaerahan yang mencakup aspek ekonomi, budaya, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain. Sumber lain mengatakan bahwa Keunggulan lokal adalah hasil bumi, kreasi seni, tradisi, budaya, pelayanan, jasa, sumber daya alam, sumber daya manusia atau lainnya yang menjadi keunggulan suatu daerah (Dedidwitagama,2007). Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Keunggulan Lokal (KL) adalah suatu proses dan realisasi peningkatan nilai dari suatu potensi daerah sehingga menjadi produk/jasa atau karya lain yang bernilai tinggi, bersifat unik dan memiliki keunggulan komparatif.
Keunggulan lokal yang akan dikembangkan di SMP 1 Doro adalah:
a. Olahraga (sepak bola, pencak silat, bola basket dan bola volly)
b. Kesenian (Tari daerah dan group band)
c. Pertanian (tanaman keras dan pertanian sawah)

2. Keunggulan Global
Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik agar mampu bersaing ditingkat lokal, nasional dan internasional.
Keunggulan global yang akan dikembangkan di SMP 1 Doro adalah:
a. Bahasa Inggris dan
b. Internet

3. Pendidikan life skill
Konsep life skill dapat didownload disini.Konsep Pendidikan Kecakapan untuk Hidup
Contoh program life skil di SMP 1 Doro sebagai berikut.
Kurikulum memiliki kedudukan yang sangat sentral dalam seluruh kegiatan pembelajaran, yang menentukan proses dan hasil belajar. Mengingat pentingnya peranan kurikulum dalam pembelajaran, serta dalam pembentukkan kompetensi dan pribadi peserta didik dan dalam perkembangan kehidupan masyarakat pada umumnya, maka SMP 1 Doro mengembankan kurikulum siswa yang didalamnya berisi program-program sebagai berikut: (1) Broadcasting,(2) Conversation, (3) Menjahit, (4) sepak bola, (5) Voly, (6) Musik, (7) Otomotif, dan (8) Tapak suci. Adapun program-program tersebut bertujuan untuk membantu siswa agar memiliki life skill sebagai bekal setelah lulus dari SMP 1 Doro agar siap terjun ke masyarakat. Melihat kenyataan sekarang ini banyak lulusan dari SMP yang menjadi pengangguran, diharapkan dengan adanya program tersebut dan dengan bekal yang telah dimiliki siswa akan lebih siap terjun kedalam dunia kerja.
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Filed under pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s