TESIS: Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Melalui Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VIII



ABSTRAK
Solikhin. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Melalui Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VIII. Tesis, Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc. Dr. St. Budi Waluya, M.Si., Ph.D.
Kata-kata kunci: Perangkat Pembelajaran PKn, Problem Based-Learning, ICT, Kemampuan analisis.

Pembelajaran PKn selama ini masih didominasi dengan penggunaan model pembelajaran konvensional, hal ini membuat pembelajaran kurang menarik, variatif dan kurang dapat mengembangkan kemampuan analisis siswa. Penggunaan perangkat pembelajaran PKn dengan model PBL berbasis ICT diharapkan mampu menjadi salah satu solusi bagi permasalahan ini. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendapatkan hasil perangkat pembelajaran PKn dengan model PBL berbasis ICT yang valid; (2) mengetahui kepraktisan pembelajaran PKn dengan model PBL berbasis ICT; dan (3) mengetahui kefektifan pembelajaran PKn dengan model PBL berbasis ICT untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, Bahan Ajar Siswa, LKS, CD interaktif Pembelajaran dan Lembar Penilaian Siswa (LPS). Subyek penelitian meliputi 40 siswa kelas VIII A SMP 1 Doro – Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket dan metode tes, yang terdiri dari validasi perangkat pembelajaran, observasi pengelolaan pembelajaran dan aktivitas siswa, tes hasil belajar, angket respon siswa dan guru.
Penelitian pengembangan ini dikatakan berhasil jika perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, efektif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kevalidan perangkat pembelajaran adalah RPP (3,71), Bahan Ajar (3,72), LKS (3,78), CDIP (3,82) dan LPS (3,53). Hasil pengembangan perangkat pembelajaran ini berkategori valid. Kepraktisan pembelajaran dinilai dari pengelolaan pembelajaran baik (3,48), keterlaksanaan pembelajaran baik (93,7%), aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik. Keefektifan pembelajaran ditunjukkan dengan respon siswa sangat positif (92,2% ), respon guru sangat positif (87,5%) dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dengan nilai ≥ 65 ( 35 siswa) dan ketuntasan klasikal (87,5%). Hasil uji hipotesis data berpasangan t hitung (12,0378) > t tabel (2,0226), artinya kemampuan analisis siswa sebelum dan sesudah diterapkan PBL berbasis ICT berbeda dan cenderung meningkat. Hasil Uji t-test menunjukkan bahwa t hitung (2,16) > t tabel (2,027) artinya kelas eksperimen cenderung lebih meningkat kemampuan analisisnya dibandingkan kelas kontrol.
Penelitian ini diharapkan menjadi jembatan bagi penelitian-penelitian selanjutnya, dalam mengungkap aplikasi penelitian ini pada wilayah di luar kabupaten Pekalongan, sekolah swasta, dan pada mata pelajaran lainnya.
…..
UNTUK SELANJUTNYA SILAKAN HUBUNGI VIA HP 085742835973 ATAU EMAIL: oki71@yahoo.co.id.

9 Komentar

Filed under pendidikan, PKn, TIK

9 responses to “TESIS: Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Melalui Model Problem Based Learning Berbasis ICT Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas VIII

  1. wachid

    Pak bahasan anda kelihatannya menarik, saya bisa dikirimi gambarannya seperti apa model ini, karena ketepatan saya juga guru PKn

  2. pak boleh saya minta dikirimkan proposalnya? makasih kl boleh ke stumbur@yahoo.com, saya juga mau menyusun tesis pengembangan. biar ada contohnya

  3. yudit

    mohon jika berkenan, saya minta tolong untuk dikirimin jg pak file tesis tersebut untuk referensi saya dalam pengerjaan tesis di yudit_lho@yahoo.co.id, terima kasih banyak

  4. cipto

    Kalau bapak berkenan … saya mohon Proposal penelitiannya. saya tertarik dengan model yang bapak teliti terutama dalam hal kolaborasi lks dan ict dengan model PBL. chip_mistri@yahoo.com

  5. Jamaludin

    judul yang menarik. Bolehkah saya minta bentuk proposal karena saya akan membuat tesis penelitian R and D. Mohon dikirim ke jamaludin83@gmail.com

    Terima kasih

  6. fakhrurrazi

    bagi2 info yaaa… kalau ada tesis pengembngan pemblajaran… kerem ke e-mail ini yaaa.. fakhrurrazihasan@yahoo.com

  7. desiana batubara

    mohon jika berkenan saya minta dikirim proposal tesis pengembangan, saya tertarik dengan judul tesiis bapak kebetulan skiripsi saya tentang PBI juga dan tesis saya mau mengembangakn dari judul skripsi saya , kebetulan tesis bapak bisa jadi refrensi saya menyusun tesis, kirim ke desi.batubara2013@gmail.com makasih

  8. shalihah

    Assalamua’laikum,.jika bapak tidak keberatan saya minta dikirim tesis bapak,kebetulan tesis saya juga tentang penerapan pbl dan disiplin belajar untuk meningkatkan prestasi siswa pada mapel pkn,
    jika tidak keberatan tesis bapak akan saya jadikan rujukan pembuatan tesis yang sedang saya kerjakan,. kirim ke shalihah_cute88@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

