CARA MENYEMBUNYIKAN BEBERAPA SHEET PADA EXCEL


Dimulai dari sebuah diskusi kecil, rekan kerjaku mendapat sebuah file excel dari temannya. File tersebut berupa sebuah aplikasi yang antar sheet-nya saling terlink. Kata temanku, kalau hanya membuat formula dan link sudah lumayam paham, cuma yang belum paham bagaimana cara menyembunyikan beberapa sheet yang terlink tadi sehingga yang muncul hanya Menu Utamanya saja.

Bermula dari pertanyaan tadi, saya tawarkan pada rekan kerjaku tadi, mau pakai yang code script atau cara yang gampang? Tentu saja rekan kerjaku menjawab pakai cara yang gampang saja. Baiklah kalau begitu, ini langkah-langkahnya:

1) Buka file excel yang sudah dibuat dengan beberapa sheet yang saling terlink, jangan lupa pada sheet 1 Menu Utama harus sudah dibuat tombol untuk ngelink;

2) Klik office button;

3) Sorot dan klik Excel Options;

4) Sorot dan klik advanced;

5) Geser scroll bar ke bawah sampai ketemu dengan Display options for this workbook;

6) Hilangkan tanda centang pada Show sheet tabs

7) Kemudian tutup Excel Options dengan OK/enter.

Sekarang Anda lihat hasilnya… Betulkan yang akan tampil hanya Menu Utamanya saja??

Gambaran tutorialnya dapat didownload DISINI

Salam….

 

Tinggalkan komentar

Filed under pendidikan, TIK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s