CONTOH RPP SMP KURIKULUM 2013


oleh: Solikhin, M.Pd.

Tergelitik dengan pelatihan Kurikulum 2013 yang tidak pernah membahas pembuatan perangkat pembelajaran yang benar dan hanya diajari bagaimana melakukan pembelajaran dengan pendekatan scientific method, maka perkenanlah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi contoh perangkat pembelajaran PPKn.

Pekerjaan membuat perangkat pembelajaran kali ini dimulai dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sejatinya RPP hanya berisi komponen : 1) KI (kompetensi Inti), 2) KD (kompetensi dasar), 3) Indikator, 4) Tujuan, 5) Materi, 6) Metode, 7) Sumber Belajar, 8) Media, 9) Langkah-langkah Pembelajaran, dan 10) Penilaian. KI, KD, dan Indikator tinggal disadur dari Silabus yang telah saudara kembangkan. Cirinya sangat gampang, yaitu : jika angkanya 1 maka berarti KI_1 (sikap spiritual), jika 2 maka berarti KI_2 (sikap sosial), jika 3 berarti Pengetahuan, dan jika 4 berarti Ketrampilan. Misal: saudara menemukan kode 3.2.5 maka berarti saudara sedang mengerjakan Indikator Pengetahuan, karena dimulai dengan angka 3.

Tujuan Pembelajaran

Guru mulai mengembangkan perangkat ketika memasuki langkah ke- 4 yaitu membuat Tujuan Pembelajaran sampai langkah terakhir 10 yaitu Penilaian. Tujuan pembelajaran yang saudara buat harus memenuhi unsur ABCD (Audien, Behavior, Condition, and Degree). Jika Tujuan yang saudara buat tidak memenuhi unsur itu, maka saudara belum bisa dikatakan membuat perangkat pembelajaran dengan model Kurikulum 2013.

Materi Pembelajaran

Langkah ke-5 menyusun Materi Pembelajaran. Materi Pembelajaran yang dituliskan dalam RPP hanya memuat hal yang bersifat pokok saja, dengan tetap melihat bahwa pokok-pokok materi pembelajaran itu dapat dicapai dengan tujuan pembelajaran. Uraian rinci Materi Pembelajaran dijabarkan dalam lampiran 1.

Metode Pembelajaran

Langkah ke-6 yaitu Metode Pembelajaran, di dalamnya minimal memuat a) pendekatan, b) Model, dan c) metode. Penerjemahan Metode Pembelajaran ini nantinya akan dituangkan atau tergambar dalam langkah yang ke-9 yaitu Langkah-langkah pembelajaran.

Sumber Belajar

Langkah yang ke-7 yaitu Sumber Belajar. Sumber belajar yang akan saudara tuliskan adalah sumber belajar yang benar-benar saudara gunakan sebagai rujukan pembelajaran bukan sumber yang fiktif, baik berupa Buku, Internet, atau sumber belajar lainnya. Catatan penting dalam penulisan sumber belajar adalah harus menggunakan kaidah penulisan sumber belajar yang benar layaknya menulis Daftar Pustaka, yaitu dengan urutan: Nama Penulis, Tahun terbit, Judul Buku, Kota Penerbit, dan Nama Penerbit.

Media Pembelajaran

Langkah ke-8 yaitu Media Pembelajaran, memuat Bahan, Alat, dan Media yang akan digunakan selama pembelajaran. Bentuk media yang dihasilkan akan dituangkan dalam Lampiran 3.

Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah ke-9 yaitu Langkah-langkah Pembelajaran, yang dibagi dalam 3 langkah yaitu Pembukaan, Inti, dan Penutup. Sekali lagi diingatkan bahwa langkah-langkah pembelajaran harus mencerminkan metode apa yang digunakan. Artinya sintaks metode yang digunakan harus tertuang dalam langkah-langkah pembelajaran. Satu hal lagi yang penting bahwa dalam langkah-langkah pembelajaran ini harus memuat aktivitas siswa yang diwujudkan dalam bentuk LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik), dan ini harus dituangkan dalam lampiran 2.

Penilaian

Sebagai langkah yang terakhir yaitu langkah ke-10 Penilaian. Ingatlah bahwa dalam kurikulum 2013 kita harus menilai 3 aspek sekaligus, yaitu : Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan. Di dalam Penilaian juga tidak diuraikan rinci dari jenis tes sampai rubrik penilaiannya, tetapi cukup ditulis terlampir saja, dalam hal ini terdapat dalam lampiran 4.

Akhirnya, selamat mencoba membuat perangkat pembelajaran yang benar dengan standar kurikulum 2013.

Jika masih mengalami kesulitan cobalah untuk mengunduh Contoh RPP dalam file ini. 1) RPP2, 2) Lampiran 1 BAHAN AJAR, 3) Lampiran 2 LKPD, 4) Lampiran 3 MEDIA PEMBELAJARAN , 5) Lampiran 4 PENILAIAN

Jadilah Guru yang hebat bukan jadi plagiat. Selamat berkarya dan berkreasi.

Salam.belajar

Tinggalkan komentar

Filed under pendidikan, PKn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s